15 Singkatan Istilah Di Dunia Kerja dan Artinya yang Wajib Kamu Tahu!

15 Singkatan Istilah Di Dunia Kerja dan Artinya yang Wajib Kamu Tahu!

Beberapa istilah di dunia kerja dibuat dalam bentuk singkatan seperti WFH, WFO, KPI dan lain sebagainya. Hal ini digunakan untuk mempermudah penyebutan dan komunikasi antara rekan kerja. 

Meskipun singkatan-singkatan ini sangat berguna, namun bagi yang baru pertama kali terjun ke dunia kerja bisa saja bingung dan tidak mengerti artinya. Oleh karena itu, memahami singkatan-singkatan yang umum digunakan di dunia kerja sangat penting agar kamu tidak salah paham dan bisa beradaptasi dengan cepat. Berikut ini adalah beberapa singkatan yang perlu kamu tahu!

Singkatan Istilah di Dunia Kerja

Dalam komunikasi sehari-hari tak jarang para karyawan menggunakan singkatan untuk menyebut sesuatu. Singkatan ini ada yang sifatnya umum ada juga yang hanya berlaku untuk bidang pekerjaan atau perusahaan tertentu. 

Untuk itu penting bagi kamu untuk memahami apa saja istilah-istilah yang ada di tempat kerja. Berikut ini adalah beberapa singkatan istilah di dunia kerja yang umum digunakan beserta dengan artinyaā€¯

1. HRD (Human Resources Department)

Istilah dunia kerja yang pertama adalah HRD. Bagi para pekerja tentu sudah tidak asing lagi dengan departemen yang satu ini. HRD merupakan departemen yang bertanggung jawab dalam mengelola sumber daya manusia di sebuah perusahaan, termasuk rekrutmen, pelatihan, dan pengembangan karyawan.

2. BOD (Board of Directors)

BOD atau yang bisa juga disebut dengan dewan direksi merujuk pada sekelompok individu yang memimpin sebuah perusahaan dan membuat keputusan penting terkait operasional dan kebijakan perusahaan. Dalam sebuah perusahaan BOD memiliki peran yang sangat penting dan merupakan jajaran tertinggi di perusahaan.

3. CEO (Chief Executive Officer)

Singkatan berikutnya yang perlu kamu tahu adalah CEO. CEO merupakan jabatan tertinggi dalam sebuah perusahaan yang bertanggung jawab atas pengelolaan dan operasional perusahaan secara keseluruhan.

4. CFO (Chief Financial Officer)

Jika CEO adalah jabatan tertinggi perusahaan, CFO merupakan pimpinan tertinggi di perusahaan yang pada bidang keuangan. CFO bertanggung jawab atas semua aspek keuangan dalam perusahaan, mulai dari perencanaan anggaran, pengelolaan arus kas, hingga pelaporan keuangan.

5. KPI (Key Performance Indicator)

KPI merupakan salah satu alat penilaian kinerja yang banyak digunakan oleh perusahaan. Dengan KPI perusahaan dapat mengukur dan menilai sejauh sejauh mana pencapaian tujuan perusahaan atau individu dalam suatu periode tertentu.

6. MOU (Memorandum of Understanding)

MOU adalah dokumen yang berisi kesepakatan awal antara dua pihak atau lebih yang belum mengikat secara hukum, tetapi mengatur prinsip-prinsip dasar kerja sama. Dokumen MoU ini dibuat sebelum pihak-pihak yang bekerja sama membuat perjanjian kerjasama.

7. SOP (Standard Operating Procedure)

Istilah di dunia kerja yang satu ini merupakan bagian penting dari pelaksanaan kegiatan operasional perusahaan. SOP adalah pedoman tertulis yang mengatur prosedur standar dalam melakukan tugas atau kegiatan tertentu di tempat kerja.

Tanpa adanya SOP perusahaan akan kesulitan untuk melakukan konsistensi dan efisiensi proses bisnis karena tidak ada prosedur yang distandarkan dan dijadikan acuan bagi seluruh karyawan. Selain itu, tidak adanya SOP juga bisa menyebabkan kebingungan pada karyawan baru dalam menjalankan tugasnya.

8. PTO (Paid Time Off)

PTO adalah cuti yang diberikan kepada karyawan dengan tetap menerima gaji. Biasanya mencakup cuti tahunan, sakit, atau libur yang dapat diambil sesuai kebijakan perusahaan.

9. ASAP (As Soon As Possible)

Dalam komunikasi di tempat kerja, tak jarang menggunakan singkatan-singkatan bahasa inggris untuk mempermudah komunikasi. Seperti ASAP, yaitu singkatan yang digunakan untuk menyatakan bahwa sesuatu perlu dilakukan segera atau sesegera mungkin.

10. WFO (Work From Office)

WFO adalah singkatan yang digunakan untuk menyebutkan bahwa pekerjaan dilakukan di kantor. Semanjak pandemi istilah seperti WFO, WFA, WFH dan hybrid menjadi banyak digunakan dalam komunikasi di dunia kerja. 

11. WFA (Work From Anywhere)

Berikutnya ada WFA yaitu istilah yang digunakan untuk menyebutkan sistem kerja yang memungkinkan karyawan untuk dapat bekerja dari mana saja. Sistem kerja ini diharapkan bisa memberikan fleksibilitas kerja p[pada karyawan sehingga dapat meningkatkan produktivitasnya. 

12. TBD (To Be Determined)

TBD digunakan ketika sesuatu yang belum pasti atau belum diputuskan akan ditentukan di kemudian hari. Biasanya digunakan ketika akan menjadwal rapat atau membuat keputusan lainnya.

13. R&D (Research and Development)

R&D adalah proses penelitian dan pengembangan. Singkatan ini digunakan untuk menunjukkan kegiatan yang dilakukan perusahaan saat meneliti dan mengembangkan produk baru, teknologi, atau inovasi lainnya.

14. FU (Follow Up)

Berikutnya, singkatan istilah di dunia kerja yang satu ini sering kali digunakan saat melakukan koordinasi dengan rekan kerja maupun atasan. FU artinya menindaklanjuti, biasanya digunakan untuk menanyakan kelanjutan  dari suatu keputusan atau tindakan tertentu.

15. WFH (Work From Home)

WFH adalah kebijakan yang memungkinkan karyawan untuk bekerja dari rumah, sebuah praktik yang semakin populer terutama selama pandemi COVID-19. Dengan WFH karyawan tidak perlu datang ke kantor dan semua pekerjaan umumnya dilakukan secara daring.

Mengetahui berbagai singkatan istilah di dunia kerja tidak hanya akan membantumu lebih mudah berkomunikasi dengan rekan kerja, tetapi juga menunjukkan bahwa kamu sudah terbiasa dengan budaya kerja yang ada. Sebagai pekerja profesional, memahami istilah-istilah ini akan mempermudah kamu dalam menjalani aktivitas sehari-hari di tempat kerja.

Upskillz 

Build Your Potentials

Tinggalkan Balasan