
Diminta melakukan presentasi di kantor tapi bingung bagaimana caranya? Nah, ini mungkin sudah saatnya kamu belajar public speaking. Sebab kemampuan ini tidak terbatas pada profesi tertentu, bahkan akan sangat berguna bagi karyawan saat diminta melakukan presentasi baik itu presentasi laporan, ide proyek, hasil evaluasi, hingga perencanaan strategi. Lantas seperti apa contoh materi public speaking untuk presentasi yang baik?
Untuk memberikan presentasi yang efektif dan meyakinkan, diperlukan struktur yang jelas dan penyampaian yang percaya diri. Berikut in adalah beberapa rumus yang bisa kamu gunakan untuk membuat materi public speaking yang menarik dan bisa meyakinkan banyak orang.
Table of Content
Rumus Public Speaking: “OPENING + CORE + CLOSING”
Sebagai pemula tentu akan merasa sangat kesulitan saat dihadapkan dengan kewajiban melakukan presentasi di depan banyak orang. Saat melakukan presentasi ini kemampuan public speaking kita akan diuji.
Kendati demikian, public speaking bukanlah bakat yang hanya bisa didapatkan dari lahir, namun public speaking adalah skill yang bisa diasah dan dikuasai siapa saja yang mau berusaha.
Nah, untuk melakukan public speaking ketika diminta presentasi di kantor, ada rumus yang bisa kamu jadikan pegangan yaitu opening, core/body dan closing. Untuk mempermudah dalam menyusun materi presentasi, simak penjelasannya di bawah ini::
1. OPENING
Selain inti dari materi yang disampaikan, bagian pembukaan juga memiliki peran yang sangat penting untuk menentukan kesuksesan public speaking yang dilakukan. Tujuan dilakukannya adalah untuk menarik perhatian, menyapa audiens dan memperkenalkan topik secara singkat kepada audiens.
Menyampaikan relevansi topik yang dibawakan dengan kebutuhan audien bisa menjadi kunci yang kuat untuk membuat mereka tetap stay hingga akhir. Elemen penting dalam pembukaan diantaranya adalah:
- Sapaan hangat
- Perkenalan diri (jika dibutuhkan)
- Ice breaking singkat (opsional)
- Tujuan presentasi
2. CORE/BODY
Berikutnya, bagian utama dari sebuah presentasi adalah isinya. Tujuannya tentu saja menyampaikan informasi secara utuh dan mudah dipahami oleh audiens.
Ketika menyampaikan bagian inti dari presentasi kamu bisa menyusunnya dalam “3 key point” atau teknik “Rule of Three”. Menyusun konten yang disampaikan dalam bentuk poin-poin akan mempermudah dalam penyampaian dan mempermudah audiens menerima informasi yang disampaikan. Dalam konteks presentasi di kantor, materi presentasi bisa kamu sampaikan dalam 3 point utama yaitu:
- Latar belakang masalah atau konteks( Masukkan data atau fakta pendukung untuk memperkuat argumen)
- Analisis atau interpretasi
- Solusi/ide/strategi
3. CLOSING
Terakhir, dalam menyusun materi public speaking adalah membuat penutupan. Jangan meninggalkan presentasi tanpa penutup yang kuat.
Penutupan yang baik, akan meninggalkan kesan bagi audiens, memperkuat materi yang disampaikan, maupun membuka diskusi. Ketika menutup presentasi, beberapa yang bisa kamu sampaikan adalah:
- Ringkasan singkat
- Ajakan atau rekomendasi
- Ucapan terima kasih
- Sesi tanya jawab (jika diperlukan)
Template Materi Presentasi Kantor
Lantas, seperti apa contoh materi public speaking untuk presentasi di kantor? Terlepas dari divisi yang dimiliki, berikut ini adalah template public speaking yang bisa digunakan dalam berbagai jenis presentasi kantor:
OPENING (Pembukaan)
“Selamat pagi/siang rekan-rekan semua,
Perkenalkan, saya [Nama Anda] dari [Departemen Anda, jika relevan]. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk hadir di sesi presentasi kali ini.
Hari ini saya akan mempresentasikan [Judul/Topik Presentasi], yang berfokus pada [gambaran singkat topik]. Presentasi ini bertujuan untuk [tujuan presentasi], dan saya berharap diskusi ini bisa memberikan manfaat serta wawasan bagi kita semua.”
CORE/BODY(Isi Utama)
- Latar Belakang
“Sebagai pengantar, mari kita lihat situasi yang sedang kita hadapi…”
(Jelaskan konteks atau permasalahan umum yang relevan dengan topik)
- Data atau Temuan Penting
“Berdasarkan data yang kami kumpulkan selama [periode waktu], terdapat beberapa hal menarik…”
(Sampaikan 2–3 poin utama disertai data atau grafik sederhana)
- Analisis & Solusi/Ide
“Dari temuan tersebut, kami menyimpulkan bahwa…”
(Berikan interpretasi dan lanjutkan dengan solusi atau strategi)
CLOSE (Penutup)
“Sebagai penutup, izinkan saya menyampaikan poin-poin penting dari presentasi ini:
- Kesimpulan utama
- Rekomendasi atau rencana ke depan
- Ajakan untuk berdiskusi
Terima kasih atas perhatian rekan-rekan semua. Jika ada pertanyaan atau masukan, saya sangat terbuka untuk diskusi lebih lanjut.”
Tips Tambahan untuk Public Speaking di Kantor
Nah, itu tadi adalah rumus beserta template yang bisa kamu gunakan untuk melakukan presentasi di kantor. Untuk membuat kamu tampil lebih outstanding saat presentasi, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan:
- Gunakan Bahasa yang Jelas dan Profesional
- Gunakan Alat Bantu Visual (Slide, Diagram, Video)
- Latihan Sebelumnya
- Perhatikan Bahasa Tubuh dan Intonasi
Menyusun materi public speaking dalam konteks presentasi kantor terkadang menjadi tantangan tersendiri. Kamu bisa menggunakan template di atas sebagai panduan, lalu sesuaikan dengan konten yang ingin disampaikan. Ingat, presentasi yang baik tidak hanya tentang apa yang disampaikan, tetapi juga bagaimana cara menyampaikannya. Semoga bermanfaat!
Upgrade Diri Bersama Upskillz
Merasa kurang percaya diri karena skill “pas-pasan”? Sudah waktunya kamu upgrade diri bersama Upskillz.id, upgrade skill karir jadi lebih menyenangkan dan mudah. Ada banyak kelas gratis juga, lho !
Upskillz
Build Your Potentials