10 Rumus Excel Untuk Admin yang Wajib Dikuasai Sebelum Melamar Kerja!

10 Rumus Excel Untuk Admin yang Wajib Dikuasai Sebelum Melamar Kerja!

Salah satu kualifikasi yang dibutuhkan untuk posisi Admin di perusahaan adalah mampu mengoperasikan Microsoft Excel. Oleh sebab itu menguasai beberapa rumus Excel untuk admin sangat diperlukan sebelum melamar pekerjaan. 

Sayangnya masih banyak yang kesulitan menggunakan aplikasi yang satu ini. Dengan banyaknya rumus yang ada, membuat karyawan seringkali menyerah terlebih dahulu sebelum mencoba. Tapi tak perlu khawatir, untuk menjadi seorang admin pemula kami hanya perlu menguasai beberapa rumus dasar berikut ini. 

Tugas Admin

Jobdesk untuk posisi admin di setiap perusahaan biasanya berbeda-beda. Namun secara umum memiliki beberapa kesamaan. Admin di perusahaan memiliki tugas dan tanggung jawab utama untuk membantu kelancaran dan keakuratan dalam pengelolaan data. Mengutip dari Talenta.co ada beberapa tugas dan tanggung jawab seorang admin, yaitu:

  • Melakukan pencatatan data.
  • Mengelola, merapikan dan menganalisis data. 
  • Menyusun laporan.
  • Membuat jadwal agenda kantor. 
  • Melakukan pembuatan surat menyurat. 
  • Melakukan pengarsipan data.

Rumus Excel Untuk Admin

Bekerja sebagai seorang admin, biasanya membutuhkan keahlian untuk melakukan pengolahan data. Jika jumlah data yang ada sedikit, pengerjaan secara manual bisa saja dilakukan. Namun jika jumlahnya sangat banyak, tentu hal itu akan sangat menyita banyak waktu. 

Ketika melamar pekerjaan menjadi seorang admin, ada beberapa rumus Microsoft Excel perlu dikuasai. Dengan rumus ini pekerjaan akan menjadi lebih mudah. Lantas apa saja rumus itu? Simak penjelasannya di bawah ini:

1. SUM

Rumus yang pertama adalah SUM, rumus ini digunakan untuk menjumlahkan sejumlah angka dalam rentang sel tertentu. SUM merupakan salah satu rumus yang paling sering digunakan, baik untuk menghitung total penjualan, pengeluaran, atau data lainnya.

Cara penulisan rumus di excel dimulai dengan tanda sama dengan (=) kemudian dilanjut dengan rumus yang digunakan dan rentang sel yang akan masuk dalam operasi tersebut. Contohnya adalah =SUM(A1:A5), rumus ini menjumlahkan nilai dari sel A1 hingga A5.

2. COUNT

Berikutnya adalah COUNT, rumus ini digunakan untuk menghitung jumlah sel yang berisi angka dalam rentang yang diberikan. Rumus ini sering digunakan untuk mengetahui berapa banyak data numerik yang ada dalam suatu kolom.

Contoh penggunaan adalah =COUNT(C1:C20). Rumus ini menghitung jumlah sel yang berisi angka dari sel C1 hingga C20.

3. AVERAGE

Rumus excel untuk admin yang selanjutnya adalah AVERAGE. AVERAGE digunakan untuk menghitung rata-rata dari sekumpulan angka. Rumus ini sangat bermanfaat untuk mengetahui rata-rata penjualan, produktivitas, atau nilai lain di dalam data set. Contoh penggunaannya =AVERAGE(B1:B10), rumus ini menghitung rata-rata dari sel B1 hingga B10.

4. IF

Rumus IF digunakan untuk operasi yang sedikit lebih rumit dari sebelumnya. IF digunakan untuk melakukan logika perbandingan sederhana, seperti memeriksa apakah suatu kondisi terpenuhi dan memberikan hasil berbeda berdasarkan kondisi tersebut. 

Biasanya rumus ini sering digunakan untuk melakukan analisis data atau dalam membuat keputusan otomatis dalam perhitungan. Contohnya, =IF(D1>50, “Lulus”, “Gagal”). Jika nilai di D1 lebih dari 50, hasilnya akan “Lulus”, jika tidak, “Gagal”.

5. VLOOKUP

Rumus excel dasar yang selanjutnya adalah VLOOKUP. VLOOKUP merupakan salah satu rumus yang paling banyak digunakan dalam pengolahan data. Rumus ini digunakan untuk mencari data yang ada di kolom tertentu berdasarkan nilai dari tabel referensi. 

Huruf V pada VLOOKUP merupakan singkatan dari vertikal yang mana tabel referensi yang digunakan untuk mencari data disusun secara vertikal. header atau judul tabel referensi yang digunakan berada di atas dan datanya tersusun vertikal ke bawah. 

Rumus ini ditulis dengan =VLOOKUP(Nilai yang dicari;Tabel Referensi;Nomor kolom;[range lookup]). 

6. HLOOKUP

Rumus HLOOKUP mirip dengan VLOOKUP, tetapi digunakan untuk pencarian data secara horizontal dalam tabel. Hal ini berguna untuk mencari data dalam baris yang ada di tabel referensi yang disusun secara horizontal.

7. MAX dan MIN

Rumus excel untuk admin yang selanjutnya adalah MAX dan MIN. MAX digunakan untuk menemukan nilai tertinggi dalam sekumpulan angka, sementara rumus MIN digunakan untuk menemukan nilai terendah.

8. CONCATENATE

Berikutnya adalah CONCATENATE. Rumus yang satu ini digunakan untuk menggabungkan teks dari dua atau lebih sel menjadi satu teks. Biasanya rumus ini digunakan untuk menggabungkan nama depan dan belakang, atau teks lain yang relevan.

Cara penggunaannya adalah =CONCATENATE(H1, ” “, H2). Rumus ini menggabungkan nilai di sel H1 dan H2 dengan spasi di antara keduanya.

9. LEFT, RIGHT, MID

Rumus LEFT, RIGHT, dan MID digunakan untuk mengekstrak teks dari sel berdasarkan posisi karakter. LEFT mengambil karakter dari kiri, RIGHT dari kanan, dan MID dari posisi tengah. Contoh penggunaannya adalah sebagai berikut:

  • =LEFT(H1, 5) Rumus ini mengambil 5 karakter pertama dari sel H1.
  • =RIGHT(H1, 3) Rumus ini mengambil 3 karakter terakhir dari sel H1.
  • =MID(H1, 2, 4) Rumus ini mengambil 4 karakter, dimulai dari karakter kedua di sel H1.

10. TRIM

Terakhir, rumus TRIM. TRIM digunakan untuk menghapus spasi tambahan yang ada pada teks, sehingga sangat berguna jika ada data yang diimpor atau diinput secara tidak rapi. Contohnya, =TRIM(J1) rumus ini menghilangkan spasi ekstra dari teks di sel J1.

Menguasai rumus-rumus excel untuk admin seperti di atas dapat membantu karyawan bekerja lebih efektif dalam mengelola data, melakukan perhitungan, dan menganalisis informasi. Dengan pemahaman yang baik tentang rumus excel, pekerjaan yang memerlukan pengolahan data bisa diselesaikan dengan lebih cepat, terorganisir, dan akurat.

Saatnya naik level dengan solusi yang tepat!

Jangan biarkan Excel jadi penghambat, ini waktunya untuk meningkatkan kemampuan Excel kamu melalui ONLINE TRAINING: MS. EXCEL MASTERY – From Basic to Advance. Kelas GRATIS, daftar disini!

Upskillz 

Build Your Potentials

Tinggalkan Balasan