
Bahasa adalah bagian terpenting dalam menjaga komunikasi yang efektif di tempat kerja. Dalam dunia kerja saat ini, penggunaan bahasa Inggris sudah menjadi hal yang umum. Oleh sebab itu mempelajari kosa kata bahasa Inggris yang sering digunakan di tempat kerja akan sangat membantu komunikasi dan mencerna informasi yang disampaikan.
Sayangnya, belajar bahasa akan terasa sulit jika tidak dibarengi dengan praktek secara langsung. Nah, untuk meningkatkan penguasaan bahasa Inggris, kamu bisa menyimak beberapa kosa kata berikut dan mempraktekannya di tempat kerja.
Table of Content
Pentingnya Bahasa Inggris di Dunia Kerja
Bahasa Inggris merupakan bahasa yang digunakan secara luas dalam dunia profesional, terutama di perusahaan multinasional. Mengutip dari laporan yang dipublikasikan oleh British Council, 1 dari 4 orang di dunia sudah menggunakan bahasa Inggris. Bahkan para eksekutif perusahaan multinasional seperti Samsung dan Renault percaya bahwa 50% tenaga kerjanya harus berbahasa Inggris.
Menggunakan bahasa Inggris di tempat kerja memiliki banyak manfaat. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa Bahasa Inggris sangat penting di dunia kerja:
1. Komunikasi Global
Pertama, Bahasa Inggris menjadi bahasa pengantar untuk berkomunikasi antara karyawan yang berasal dari berbagai latar belakang budaya dan negara yang berbeda. Di perusahaan multinasional hal ini akan sangat terasa manfaatnya. Dengan bahasa Inggris akan mempermudah interaksi dengan rekan kerja global.
2. Peluang Karir yang Lebih Baik
Berikutnya, menguasai Bahasa Inggris juga bisa menjadi batu loncatan untuk membuka peluang karir yang lebih luas. Dengan menguasai bahasa Inggris kamu bisa bekerja di perusahaan Multinasional atau mendapatkan klien internasional tanpa kendala.
3. Meningkatkan Kredibilitas Profesional
Dengan mempelajari kosa kata bahasa Inggris sejak dini akan membantu kamu lancar berbicara dalam Bahasa Inggris. Hal ini akan berdampak pada image profesional dan kompeten ketika kamu harus menyampaikan presentasi.
Daftar Kosa Kata Bahasa Inggris yang Sering Digunakan di Tempat Kerja
Di tempat kerja ada beberapa informasi yang disampaikan dalam bahasa Inggris. Tanpa disadari, mungkin kamu sudah sering menggunakannya namun tidak memahami maknanya. Nah, berikut ini adalah 50 kosa kata Bahasa Inggris yang sering digunakan di tempat kerja yang penting untuk diketahui agar komunikasi di dunia kerja semakin lancar dan efektif:
- Deadline: Batas waktu untuk menyelesaikan tugas atau proyek.
- Task: Tugas atau pekerjaan yang perlu diselesaikan dalam jangka waktu tertentu.
- Meeting: Pertemuan atau rapat yang diadakan untuk membahas suatu hal.
- Report: Laporan yang berisi hasil atau analisis pekerjaan atau proyek.
- Promotion: Kenaikan jabatan atau posisi dalam pekerjaan.
- Proposal: Usulan atau rancangan tertulis yang diajukan untuk disetujui.
- Collaboration: Kerja sama antara dua atau lebih individu atau tim untuk mencapai tujuan bersama.
- Feedback: Umpan balik yang diberikan untuk mengevaluasi kinerja atau hasil pekerjaan.
- Performance: Kinerja atau hasil kerja yang dicapai oleh seseorang atau tim.
- Client: Klien atau pelanggan yang menggunakan produk atau layanan dari perusahaan.
- Strategy: Rencana atau taktik untuk mencapai tujuan atau target tertentu.
- Efficiency: Kemampuan untuk menyelesaikan pekerjaan atau tugas dengan cara yang paling efektif dan dengan menggunakan sumber daya yang minimal.
- Innovation: Inovasi, yaitu penciptaan ide, produk, atau metode baru yang lebih baik.
- Teamwork: Kerja sama dalam sebuah tim untuk mencapai tujuan bersama.
- Leadership: Kemampuan untuk memimpin dan mengarahkan tim atau organisasi.
- Negotiation: Proses bernegosiasi untuk mencapai kesepakatan antara dua pihak.
- Assignment: Tugas yang diberikan.
- Attendance: Kehadiran.
- Budget: Anggaran.
- Colleague: Rekan kerja.
- Compensation: Kompensasi.
- Department: Departemen atau divisi.
- Employee: Karyawan.
- Employer: Pemberi kerja.
- Guideline: Panduan.
- Objective: Sasaran atau tujuan spesifik.
- Policy: Kebijakan.
- Project: Proyek.
- Request: Permintaan.
- Responsibility: Tanggung jawab.
- Salary: Gaji.
- Schedule: Jadwal.
- Supervisor: Pengawas atau atasan.
- Training: Pelatihan.
- Workload: Beban kerja.
- Achievement: Pencapaian.
- Agreement: Kesepakatan.
- Approval: Persetujuan.
- Attendance List: Daftar kehadiran.
- Delegation: Pelimpahan tugas.
- Improvement: Perbaikan atau peningkatan.
- Job Description: Deskripsi pekerjaan.
- Networking: Jaringan profesional.
- Outsource: Alih daya.
- Performance Review: Tinjauan kinerja.
- Resignation: Pengunduran diri.
- Resource: Sumber daya yang digunakan untuk menyelesaikan tugas atau proyek.
- Appraisal: Penilaian terhadap kinerja atau hasil kerja seseorang dalam pekerjaan.
- Compliance: Kepatuhan terhadap aturan, regulasi, atau kebijakan yang berlaku di perusahaan.
- Onboarding: Proses orientasi atau pelatihan bagi karyawan baru untuk memahami budaya dan proses kerja di perusahaan.
Dengan menguasai kosa kata Bahasa Inggris yang sering digunakan di tempat kerja bisa membantu kamu meningkatkan karir profesional di tempat kerja. Selain sebagai bahasa yang banyak digunakan di dunia, bahasa Inggris juga banyak digunakan dalam konteks bisnis dan profesional.
Belajar Bahasa Inggris Profesional bisa kamu dapatkan secara GRATISS! Kapan lagi belajar materi yang Daging banget bareng pemateri dengan 15+ tahun pengalaman? Di Upskillz kamu bisa belajar kosa kata bahasa Inggris dan komunikasi bahasa Inggris yang profesional Gratis. Daftar di sini.
Upskillz
Build Your Protentials