Bagaimana Rumus Menghitung Jumlah Data di Excel dengan Kriteria

Ingin menghitung jumlah data dengan kriteria tertentu? Menghitung secara manual tentu akan cukup merepotkan dan rawan terjadi kesalahan. Untungnya di Excel kamu bisa melakukannya dengan otomatis. Lantas bagaimana rumus menghitung jumlah data di Excel dengan kriteria tersebut?

DI Excel terdapat fungsi COUNT yang biasanya digunakan untuk menghitung jumlah data. Namun, jika data yang akan dihitung cukup kompleks dengan memuat kriteria tertentu, rumus yang digunakan akan berbeda. Nah, berikut ini adalah rumus yang bisa kamu gunakan beserta contoh penggunaannya.

Rumus Menghitung Jumlah Data di Excel dengan Kriteria

Untuk menghitung jumlah data di Excel ada beberapa fungsi yang bisa digunakan yaitu COUNT, COUNTA, COUNTBLANK, COUNTIF, dan COUNTIFS. Jika data yang ingin dihitung memuat kriteria tertentu, ada 2 fungsi yang bisa dipakai yaitu COUNTIF dan COUNTIFS. 

Fungsi COUNTIF dan COUNTIFS  pada dasarnya akan menghitung jumlah sel pada range data dengan kriteria tertentu. Dalam menggunakan kedua fungsi tersebut perlu dipahami bahwa dalam fungsi ini ada 2 argumen utama yaitu:

  • Range yaitu rentang yang berisi kumpulan sel yang dijadikan referensi. 
  • Criteria yaitu syarat atau kondisi sel yang akan dihitung.

Dalam COUNTIFS, range dan criteria yang digunakan lebih dari satu. Untuk mengetahui bagaimana cara menggunakan COUNTIF dan COUNTIFS, simak penjelasannya di bawah ini:

1. COUNTIF

Pertama adalah fungsi COUNTIF, fungsi ini dapat digunakan jika kamu ingin menghitung jumlah data dengan kriteria tunggal. Misalnya, dalam data karyawan sales, kamu ingin menghitung berapa banyak karyawan yang bisa memenuhi target penjualan perusahaan. 

Sintaksisnya dalam menulis COUNTIF adalah =COUNTIF(range;criteria)

Contoh:

NamaJenis KelaminTargetJumlah unit terjual
BudiLaki-Laki102
SariPerempuan1012
DodiLaki-Laki105
LindaPerempuan107
Rangga Laki-Laki1010
AditLaki-Laki109
JenoLaki-Laki1015

Untuk menghitung berapa banyak karyawan yang berhasil memenuhi target penjualan, kamu bisa menghitungnya di Excel sebagai berikut:

=COUNTIF(D2:D8;”>=10″)

2. COUNTIFS

Berikutnya adalah rumus menghitung jumlah data di Excel dengan kriteria majemuk. COUNTIFS digunakan jika kriteria yang dimasukkan lebih dari satu, misalnya ingin mengetahui berapa banyak karyawan yang berhasil memenuhi target perusahaan dan memiliki kehadiran penuh di perusahaan. 

Data ini bisa kamu kerjakan dalam waktu yang singkat dengan menggunakan COUNTIF. Sintaksisnya adalah sebagai berikut:

=COUNTIFS(range1;criteria 1;range2;criteria2; …)

Contoh:

NamaJenis KelaminTargetJumlah unit terjualKehadiran
BudiLaki-Laki102Hadir
SariPerempuan1012Hadir
DodiLaki-Laki105Absen
LindaPerempuan107Cuti
Rangga Laki-Laki1010Hadir
AditLaki-Laki109Cuti
JenoLaki-Laki1015Hadir

Rumus yang digunakan untuk menyelesaikan studi kasus tersebut adalah sebagai berikut: =COUNTIFS(B2:B8;”LAKI-LAKI”;D2:D8;”>=10″;E2:E8;”HADIR”)

Nah, itu tadi adalah 2 rumus menghitung jumlah data dengan kriteria di Excel. Keduanya bisa digunakan tergantung pada kebutuhan. Untuk data dengan kriteria yang kompleks, kamu bisa menggunakan COUNTIFS, jika kriteria tunggal maka gunakan COUNTIF.

Upgrade Diri Bersama Upskillz

Merasa kurang percaya diri karena skill “pas-pasan”? Sudah waktunya kamu upgrade diri bersama Upskillz.id, upgrade skill karir jadi lebih menyenangkan dan mudah. Ada banyak kelas gratis juga, lho !

Upskillz 

Build Your Potentials

Tinggalkan Balasan