
Setelah mengirimkan lamaran kerja, pasti sudah tidak sabar dan deg-degan menunggu hasilnya. Sayangnya, waktu pengumuman kandidat yang lolos seleksi terkadang tidak menentu. Oleh sebab itu penting untuk tetap proaktif dengan cara follow up lamaran kerja yang sudah dikirimkan kepada perusahaan.
Follow up bukan hanya menunjukkan antusiasme terhadap posisi yang dilamar, tetapi juga membantu kamu untuk terlihat lebih menonjol di antara pelamar lainnya. Sebab, seringkali pelamar hanya sekadar hit and run tanpa melakukan follow up lebih lanjut,
Nah, bagi kamu yang ingin melakukan follow up lamaran kerja terutama bagi yang melamar di perusahaan dengan komunikasi bahasa Inggris, berikut ini adalah cara yang bisa kamu lakukan beserta contohnya.
Table of Content
Kapan Waktu yang Tepat untuk Follow up?
Idealnya, dalam proses rekrutmen, pengiriman lamaran kerja dan pemanggilan kandidat yang terpilih berselang 7-14 hari. Hal ini tergantung seberapa banyak dan seberapa urgent kebutuhan karyawan di perusahaan.
Jika dalam jangka waktu tersebut kamu tidak dihubungi perusahaan maka bisa jadi kamu belum lolos tahap seleksi dari perusahaan. Namun, jika masih dalam rentang waktu tersebut jika belum ada balasan, jangan dulu menyerah, karena proses rekrutmen bisa memakan waktu. Jadi kamu bisa melakukan Follow up setelah sepekan atau 2 minggu setelah mengirim lamaran kerja.
Jika lowongan kerja mencantumkan batas waktu atau jadwal seleksi, jangan terburu-buru untuk menanyakan hasil. Tunggulah hingga melewati waktu tersebut sebelum melakukan follow up.
Cara Follow up Lamaran Kerja Lewat Email
Email merupakan cara yang paling umum dan formal untuk menindaklanjuti lamaran kerja. Terlebih lagi jika perusahaan memang menggunakan email sebagai media untuk menerima lamaran kerja dan memberikan pemberitahuan kepada kandidat. Kamu bisa menanyakan kelanjutan dari lamaran yang kamu kirim dengan memperhatikan beberapa hal berikut:
- Gunakan subjek yang jelas dan profesional. Contoh: Follow-Up Lamaran Kerja – Aninda Putra Pratama – Posisi HR Staff
- Tulis salam pembuka, Contoh: Kepada Yth. HRD PT Multi Guna,
- Tulis singkat, padat, dan sopan. Pastikan informasi penting tersampaikan seperti tanggal melamar kerja dan posisi yang dilamar.
- Gunakan bahasa formal, baik dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris.
- Kirimkan email pada jam kerja.
Jika kamu menggunakan email untuk berkomunikasi, kamu bisa juga menjadwalkannya. Dengan demikian kamu bisa menulis email kapan saja dan menjadwalkannya untuk terkirim sesuai dengan waktu yang kamu tentukan. Berikut ini adalah cara menjadwalkan email di Gmail:
- Pertama, buka Gmail
- Kemudian tulis email seperti biasanya.
- Di kiri bawah, di samping “Kirim”, klik tanda panah bawah .
- Klik Jadwalkan pengiriman.
- Tentukan tanggal dan waktu pengiriman maka email akan terkirim sesuai jadwal yang ditentukan.
Contoh Email Follow up – Bahasa Inggris
Subject: Follow-Up on Job Application – Aninda Putra Pratama
Dear HR Team,
I hope this message finds you well. I am writing to follow up on my application for the HR Staff position, submitted on May 20, 2025.
I remain very interested in the opportunity to join PT Multi Guna and contribute to your HR team. I would appreciate any updates you could share regarding the recruitment process.
Thank you for your time and consideration.
Sincerely,
Aninda Putra Pratama
+62 812-3456-7890 | aninda@email.com
Cara Follow up Lewat WhatsApp
Selain lewat email, beberapa perusahaan juga memberikan kontak WhatsApp untuk proses rekrutmen. Bila demikian, kamu bisa menggunakannya untuk follow up, dengan menjaga etika dan kesopanan. Berikut ini adalah cara melakukan follow yang profesional lewat Whatsapp:
- Kirim pesan di jam kerja, pastikan kamu mencari tahu jam kerja perusahaan tersebut, atau jika tidak ada informasi jam kerja, kamu bisa mengirimkan pada jam kantor pada umumnya yaitu pukul 09.00-17.00..
- Jangan menggunakan singkatan atau bahasa informal.
- Tulis pesan yang pendek, sopan, dan langsung ke tujuan.
- Pastikan foto profil yang rapi dan profesional agar HR lebih mudah mengenali dirimu.
Contoh WA Follow up – Bahasa Inggris
Good afternoon Sir/Madam,
My name is Aninda Putra Pratama. I am following up on my application for the HR Staff position, which I submitted on May 20, 2025.
I’m truly interested in joining PT Multi Guna and would appreciate any updates regarding the recruitment process.
Thank you for your time.
Best regards,
Aninda Putra Pratama
Hal yang Perlu Dihindari Saat Follow up
Melakukan follow up lamaran kerja, berarti kamu sedang berkomunikasi secara profesional. Oleh sebab itu langkah yang dilakukan juga harus profesional. Jangan sampai kamu melakukan hal-hal berikut ini:
- Mengirim pesan berulang kali dalam waktu singkat.
- Menggunakan bahasa tidak formal atau emoticon yang berlebihan.
- Terdengar menuntut atau memaksa.
- Follow up di luar jam kerja.
Itu tadi adalah cara follow up lamaran kerja dalam bahasa inggris. Langkah ini adalah langkah penting untuk menunjukkan profesionalisme dan inisiatif kandidat dalam melamar pekerjaan. Ketika sudah mendapatkan undangan interview kamu juga harus menjawabnya dengan profesional ya. Caranya seperti di artikel berikut ini.
Upskillz
Build Your Potentials