10 Istilah Dunia Kerja Dalam Bahasa Inggris

10 Istilah Dunia Kerja Dalam Bahasa Inggris

Penggunaan bahasa Inggris di dunia kerja sudah menjadi hal yang umum. Bahkan untuk komunikasi sehari-hari sudah banyak yang menggunakan istilah-istilah dunia kerja dalam bahasa Inggris. Istilah seperti one month notice, pitch deck, workflow dan lain sebagainya bukanlah hal asing di tempat kerja.  

Apalagi jika bekerja di Startup, perusahaan multinasional, maupun lingkungan kerja yang didominasi oleh anak muda. Meskipun kamu belum jago bahasa Inggris, setidaknya kamu harus paham makna dari beberapa istilah berikut ini. Check it out!!

Istilah Dunia Kerja Dalam Bahasa Inggris

Memahami istilah-istilah yang umum digunakan di dunia kerja akan sangat membantu komunikasi sehari-hari dan menghindari kesalahpahaman dalam menerima informasi. Di era sekarang, penggunaan bahasa Inggris di dunia kerja sudah menjadi hal yang umum. 

Beberapa istilah tertentu sering kali digunakan untuk menggambarkan proses kerja atau kegiatan tertentu di dunia kerja. Agar kamu tidak salah menangkap informasi, berikut ini adalah beberapa istilah dunia kerja dalam bahasa Inggris yang perlu kamu pahami:

1. One month notice

Saat interview kerja, biasanya HR akan menjelaskan aturan-aturan yang ada di perusahaan termasuk ketika karyawan akan resign. Umumnya perusahaan akan menerapkan one month notice bagi karyawan yang resign. Nah, apa itu one month notice?

One month notice merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut surat pemberitahuan pengunduran diri atau resign. Intinya, karyawan yang resign harus memberitahukan pengajuan pengunduran diri kepada perusahaan satu bulan sebelum tanggal resign yang diajukan.

2. Pitch deck

Istilah dunia kerja dalam bahasa Inggris yang satu ini mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang. Mengutip dari Visme, Pitch deck merupakan presentasi singkat yang menggambarkan rencana bisnis perusahaan.

Kegiatan ini dilakukan ketika harus presentasi di depan klien atau investor. Ketika melakukan pitch deck, ada beberapa poin yang harus ada dalam presentasi yang disampaikan, diantaranya:

  • Permasalahan yang sedang dihadapi dan memiliki peluang bisnis. 
  • Produk yang akan ditawarkan sebagai solusi dari permasalahan. 
  • Target pasar yang dituju.
  • Kelebihan produk yang dimiliki dibandingkan dengan kompetitor. 

3. Stand-up Meeting

Berikutnya adalah istilah yang digunakan untuk menyebut kegiatan meeting harian. Stand-up Meeting terkadang disebut juga dengan daily scrum adalah kegiatan rapat harian yang dilakukan secara singkat untuk mengetahui kemajuan serta hambatan yang dihadapi oleh tim.

4. Workflow

Dalam dunia kerja, istilah workflow ini banyak digunakan. Workflow sendiri terdiri dari 2 kata yaitu work yang artinya pekerjaan atau kerja dan flow yang artinya aliran atau pergerakan. 

Dengan demikian workflow sendiri dapat diartikan sebagai alur kerja dari awal hingga akhir atau serangkaian langkah terstruktur yang digunakan untuk mencapai tujuan pekerjaan. Biasanya workflow divisualisasikan dengan bentuk diagram alur. 

5. Town hall meeting

Istilah dunia kerja dalam bahasa Inggris yang berikutnya adalah town hall yaitu rapat yang dilakukan dalam skala besar untuk menyampaikan informasi terupdate terkait perusahaan. Mengutip dari Indeed, apat ini dihadiri oleh seluruh karyawan yang ada di perusahaan untuk membahas laporan bisnis, evaluasi, dan tujuan yang ingin dicapai di masa depan. Town hall meeting biasanya dilakukan secara rutin dalam periode tertentu untuk menyamakan visi dan misi dari seluruh anggota perusahaan.

6. Annual Leave

Annual leave adalah hak setiap karyawan. Dalam bahasa Inggris leave diartikan sebagai cuti, sehingga annual leave adalah cuti tahunan yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan.

7. Payday

Istilah dunia kerja dalam bahasa Inggris yang selanjutnya adalah payday. Ini adalah hari yang ditunggu-tunggu semua karyawan yaitu hari gajian.

8. Overtime

Apakah kamu pernah bekerja lembur? Dalam bahasa Inggris kerja lembur atau kerja di luar jam kantor disebut dengan overtime. Setiap perusahaan memiliki kebijakan masing-masing mengenai overtime. Meski demikian secara hukum di Indonesia, sudah diatur regulasi mengenai batasan waktu lembur serta upah yang harus dibayarkan kepada karyawan.

9. Onboarding

Istilah dunia kerja dalam bahasa Inggris yang berikutnya adalah onboarding. Istilah ini digunakan untuk menyebutkan kegiatan pengenalan karyawan baru. Pada saat onboarding ini biasanya karyawan baru akan dikenalkan dengan berbagai hal yang berkaitan dengan perusahaan, tugas serta lingkungan di tempat kerja.  

10. Layoff

Terakhir, ada layoff yaitu pemutusan hubungan kerja yang dilakukan karena kondisi keuangan perusahaan tidak stabil. Di Indonesia, layoff biasanya disebut dengan PHK. 

Nah, itu tadi adalah beberapa istilah dunia kerja dalam bahasa Inggris yang umum digunakan. Yuk, tingkatkan kemampuan bahasa Inggris untuk daily conversation biar kamu gak lagi ngang-ngong di tempat kerja.

Upskillz

Build Your Potentials

Tinggalkan Balasan