
Sudah menjadi rahasia umum jika skill komunikasi adalah salah satu wajib yang dimiliki oleh seorang pemimpin. Keterampilan ini tidak hanya membantu dalam menyampaikan informasi dengan jelas, tetapi juga membangun hubungan yang kuat dengan tim, dan membantu mengelola konflik. Ada beberapa cara meningkatkan skill komunikasi yang bisa dilakukan oleh para pemimpin maupun calon pemimpin di masa depan.
Pemimpin dengan skill komunikasi yang buruk bisa menjadi kabar buruk bagi seluruh anggota tim. Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan skill komunikasi tersebut.
Table of Content
Cara Meningkatkan Skill Komunikasi
Dengan bertambahnya kanal-kanal komunikasi modern membuat skill komunikasi menjadi hal yang sangat penting dalam sebuah organisasi. Pasalnya, saat ini komunikasi tak hanya dilakukan secara lisan tapi juga dengan menggunakan tulisan.
Meningkatkan kebutuhan pekerjaan jarak jauh, membuat seorang pemimpin mau tidak mau harus mampu beradaptasi dengan kebutuhan, termasuk dalam hal komunikasi dan pengelolaan tim. Sebab, tidak bisa dipungkiri jika kemampuan komunikasi merupakan skill yang penting bagi pemimpin.
Mengutip dari Economic times menyebutkan bahwa komunikasi adalah skill wajib bagi pemimpin. Hubungan antar manusia menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kepemimpinan, dengan kemampuan komunikasi yang baik dapat membantu pemimpin untuk mendorong lingkungan kerja yang lebih, menyampaikan informasi dengan jelas, dan mendorong anggota tim untuk mencapai tujuan bersama. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan skill komunikasi tersebut, diantaranya:
1. Mendengarkan dengan Aktif
Pertama, cara meningkatkan skill komunikasi bagi seorang pemimpin adalah dengan latihan untuk mendengarkan dengan aktif. Mendengarkan adalah bagian penting dari komunikasi yang sering kali diabaikan.
Sebagai pemimpin, kamu perlu belajar untuk mendengarkan dengan penuh perhatian dan memahami apa yang disampaikan oleh orang lain. Hal ini bukan hanya mendengar kata-kata yang diucapkan, tetapi juga memperhatikan bahasa tubuh, ekspresi wajah, dan intonasi suara.
Mendengarkan dengan aktif bisa membantu pemimpin untuk mengetahui apa yang dibutuhkan oleh anggota tim. Tak hanya itu hal ini juga sangat diperlukan ketika sedang bertemu dengan klien atau rekan kerja.
2. Mengembangkan Keterampilan Bertanya
Selanjutnya, untuk melatih keterampilan komunikasi yang baik, kamu juga bisa memulainya dengan aktif bertanya. Selain melatih kemampuan komunikasi, hal ini juga bisa membantu meningkatkan keterlibatan anggota dan membuat lawan bicara merasa lebih dihargai.
Untuk memulai mengajukan pertanyaan, pastikan kamu untuk memberikan pertanyaan terbuka. Pertanyaan seperti ini mendorong percakapan yang lebih dalam dan membantu mengungkap perspektif yang berbeda. Sebagai pemimpin, kemampuan untuk mengajukan pertanyaan yang baik dapat membantu mengidentifikasi masalah, menemukan solusi, dan membuat keputusan yang lebih baik.
3. Berkomunikasi dengan Jelas dan Ringkas
Mengutip dari Harvard, cara meningkatkan skill komunikasi seorang pemimpin adalah dengan berlatih menyampaikan informasi dengan jelas dan ringkas. Pemimpin yang baik harus mampu memilih dan memilah kata yang tepat ketika akan berkomunikasi dengan lawan bicaranya.
Kamu perlu menghindari penggunaan kata-kata yang rumit atau bahasa yang berbelit-belit. Sebaliknya, gunakan bahasa yang sederhana dan langsung ke pokok permasalahan. Hal ini menjadi sangat penting dilakukan, terutama ketika berbicara melalui pesan tertulis karena lawan bicara tidak dapat melihat langsung bagaimana ekspresi dan tone suara masing-masing.
4. Menggunakan Bahasa Tubuh yang Positif
Berikutnya, cara meningkatkan skill komunikasi bagi seorang pemimpin adalah dengan mengembangkan kemampuan dalam mengelola bahasa tubuh saat berbicara. Bahasa tubuh ini memiliki dampak yang sangat besar terhadap informasi yang disampaikan. Itulah mengapa komunikasi yang dilakukan secara tertulis sering kali menimbulkan kesalahpahaman yang penyampaiannya.
5. Memberikan Umpan Balik
Umpan balik yang konstruktif adalah alat yang sangat berguna untuk meningkatkan kinerja tim. Sebagai pemimpin, kamu juga harus belajar bagaimana memberikan um
pan balik yang jujur dan membangun tanpa membuat orang merasa diserang atau dihakimi. Fokuslah pada tindakan dan hasil, bukan pada individu. Berikan saran yang spesifik dan dapat diterapkan, serta dorong diskusi terbuka untuk mencari solusi bersama.
6. Berlatih Empati dalam Komunikasi
Empati adalah kemampuan untuk memahami dan merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain. Dalam konteks komunikasi, empati membantu memahami perspektif dan perasaan orang lain, yang dapat meningkatkan kualitas interaksi yang dilakukan. Ketika berkomunikasi dengan empati, kamu bisa menunjukkan kepedulian dan menghargai orang lain, yang dapat memperkuat hubungan dan meningkatkan kerjasama.
7. Mengembangkan Keterampilan Menulis yang Baik
Kemampuan menulis yang baik juga merupakan bagian penting dari komunikasi. Sebagai pemimpin, sering kali kamu harus menulis email, laporan, atau memo yang jelas dan efektif. Menulis dengan baik berarti menyusun pesan dengan cara yang terstruktur dan mudah dipahami.
Itu tadi adalah beberapa cara meningkatkan skill komunikasi bagi para pemimpin. Meningkatkan keterampilan komunikasi adalah proses yang berkelanjutan yang membutuhkan komitmen dan konsistensi dalam menjalankannya.
Upskillz
Build Your Potentials